105 Personel Kodim 1016 Palangka Raya Siap Amankan Pilkada Kalteng

oleh -43 views

Palangka Raya – Sebanyak 105 personel dari Kodim 1016 Palangka Raya telah disiapkan untuk melaksanakan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Kalimantan Tengah.

“Personel ini nantinya dibagi dua, di Kota Palangka Raya 70 dan di Kabupaten Gunung Mas 35,” kata Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf I Gede Putra Yasa melalui Kasdim Letkol Inf Abdul Salim, Senin 24 Agustus 2020.

Abdul Salim mengatakan, personel tersebut telah menjalani latihan teknis dan taktis sebagai pasukan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik.

“Kita berharap masyarakat kondusif sehingga tidak terjadi apa-apa dan latihan kita itu menjadi tidak ada gunanya. Namun jika terjadi eskalasi yang meningkat kita dilatih untuk menghadapi masyarakat dengan cara humanis dan tidak prontal,” ungkapnya.

Oleh sebab kata dia, dalam PPH terdapat beberapa mekanisme, mulai dari tahapan, imbauan baru kemudian tindakan dengan menggunakan senjata yang berisi amunisi karet mana kala terjadi eskalasi yang meningkat di tengah masyarakat.

“Kita harapkan tidak sampai ke sana nanti tindakannya. Masyarakat kita minta untuk dewasa dalam menghadapi segala bentuk dinamika dalam tahapan pilkada dan ketika ada permasalahan silahkan kordinasikan dengan baik terutama KPU sebagai penyelenggara,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *