Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Pusat Food Estate Kapuas KALTENG

oleh -25 views

Palangka Raya – Desa Bentuk Jaya di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah ini tengah dikembangkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Desa inilah yang saya kunjungi tadi, untuk melihat dari dekat lokasi food estate yang direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare di Kabupaten Kapuas. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare.

Secara keseluruhan, terdapat kurang lebih 165.000 hektare lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan lumbung pangan nasional. Seluas 85.500 hektare di antaranya sudah berproduksi tiap tahunnya.

Pengembangannya akan berbasis korporasi petani dan akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani dengan terlebih dahulu difasilitasi, baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya, ungkap Bapak Presiden Jokowi melalui Akun facebook nya kemarin Kamis, 09 Juli 2020 di Desa Bentuk Jaya Kab. Kapuas – Kalteng.

Tim / Rayati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *