Dandim Dampingi Kapolres Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Tulungagung

oleh -406 views

Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P bersama Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M mendampingi Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar, SIK memimpin kegiatan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2019 Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di GOR Lembupeteng Tulungagung Jl. Soekarno-Hatta Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Senin (08/07/2019).

Saat memimpin apel pergeseran pasukan, Kapolres menerangkan bahwa Polres Tulungagung mendapatkan bantuan pasukan BKO dari 24 Polres lain, Kodim jajaran Korem 081/DSJ dan Batalyon Infanteri 511/Dibyarata Yudha.

“Total pasukan mencapai 7.041 pasukan terdiri dari TNI, Polri dan Linmas.” terang Kapolres Tulungagung

Ia menambahkan bahwa ada 18 titik kerawanan di 8 kecamatan yang menjadi perhatian saat pelaksanaan Pilkades serentak yaitu Kecamatan Bandung, Ngunut, Ngantru, Campurdarat, Kauman, Besuki, Pakel dan Sumbergempol. Potensi kerawanan yang diantisipasi antara lain sabotase, teror bom, perusakan TPS, perusakan kotak suara dan surat suara. Selain itu pasukan pengaman juga mewaspadai intimidasi kepada pemilih dan panitia pemilihan.

“Potensi kerawanan sudah diprediksi intelejen. Tinggal dikelola agar tidak jadi gangguan nyata,” tambah Kapolres Tulungagung.

Masih dari keterangan Kapolres, nantinya setiap desa akan dijaga 10 hingga 15 pasukan tergantung dengan situasi masing-masing. Sementara di setiap kecamatan yang dianggap rawan, disiagakan satu peleton dari Brimob dan satu peleton dari Batalyon Infanteri 511/Dibyarata Yudha. Seluruh pasukan pengamanan akan bertugas hari ini hingga Rabu 10 Juli 2019 dengan mengikuti SOP yang ada.

“Jika ada konflik, pasukan keamanan dilarang ikut campur dalam mekanisme Pilkades,” ujarnya.

Usai kegiatan apel, terlihat iring-iringan truk Brigade Mobile (Brimob) keluar dari GOR Lembupeteng Tulungagung. Selain truk pasukan, ada belasan bus yang juga mengangkut pasukan TNI dan Polri. Pasukan gabungan TNI, Polri dan juga Linmas ini digeser menuju desa-desa yang mengikuti Pemilu Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Selasa 09 Juli 2019 esok hari.

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *