Mantap Desa Tahai Baru menggunakan dana desa membangun Gedung Seni

oleh -614 views

indonesiaexpres.com | 30/04/2019 – Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber dari APBN, dengan luasnya lingkup kewenangan Desa dan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan  Dana  Desa,  maka  penggunaan  Dana  Desa  diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. Penetapan prioritas penggunaan dana tersebut  tetap  sejalan  dengan kewenangan  yang  menjadi  tanggungjawab  Desa.

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  kabupaten/kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada implementasi pengalokasian Dana Desa agar bisa sesempurna gagasan para inisiatornya. Skenario awal Dana Desa ini diberikan dengan mengganti program pemerintah yang dulunya disebut PNPM, namun dengan berlakunya Dana Desa ini, dapat menutup kesempatan beberapa pihak asing untuk menyalurkan dana ke daerah di  Indonesia  dengan  program-program  yang  sebenarnya  juga  dapat  menjadi  pemicu pembangunan daerah.

Desa Tahai Baru adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Maliku ,Kabupaten Pulang Pisau, Salah satu Desa yang terpencil dari kabupatin yang jarak tempuhnya menggunakan kendaraan kurang lebih sekitar hampir satu setengah jam baru sampai ke Kabupaten atau Kota Kapuas  kalteng.

Desa Tahai dengan adanya dana bantuan desa membangun sarana prasarana  yang di bangun melalui musawarah desa(musdis) ,seterusnya hasil rapat diaambil suara yang terbanyak, yaitu pembangunan Gedung Sanggar Seni di desa Tahi Baru.30/4/2019

“Saat di komfirmasi dirumah kediyaman Kepala Desa Tahai Baru, Goswantoro mengatakan, pembangunan gedung ini menggunakan dana desa (DD) yang tahap pertama di gunakan untuk pembangunan gedung olah raga.

Lanjutnya, “Goswanatoro juga menyampaikan dengan adanya gedung ini nanti bisa membuat masyarakat untuk berolah raga Hususnya mereka pecinta olah raga bulutangkis, selain itu bangunan gedung ini terbuka untuk umum.

“siyapapun buleh meminjam tempat  untuk acara kegiyatan desa, dengn adanya gedung serbaguna nantinya bisa memacu semangat anak -anak remaja desa untuk berolah raga, sapa tau di antara mereka nanti bisa menjadi atlit kan suatu kebanggaan buat kita, yang lebih utama dengan adanya bangunan oleh raga serbaguna ini harapan saya supaya warga saya khususnya untuk muda mudi agar memacu mereka menjaga kesehatan dengan aktifitas berolah raga supaya nantinya membawa hal yang fositip untuk terhindar dari perbuatan melanggar hukum seperti penyalah guna narkoba, “pungkasnya

.(Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *