Situs Budaya Dayak Rumah Betang Tumbang Bokoi Perlu Perhatian Pemerintah Kabupaten Dan Provinsi

oleh -585 views

kaltengexpres.com | Kapuas 07/04/2019 – Di sebuah desa yang terakhir di aliran DAS Kapuas yang memerlukan waktu 8 jam dari kota palangka raya yaitu Tumbang Bokoi Kecamatan Mandau Talawang, terdapat sebuah bangunan rumah tua yang cukup megah yaitu Huma Betang (Rumah Betang) peninggalan seorang Tokoh Dayak bernama Alm. SINGA TAWA . yang sekarang kondisi nya sangat memprihatinkan.

Berdasarkan informasi dari keluaga yang mendiami Betang itu sekarang, terakhir ada mndapat bantuan rehab atap oleh DISBUDPORA Kab. Kapuas pada tahun 2017 , itupun jauh dari yang diharapkan.sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah, dan mengandung unsur adat dan budaya suku dayak di bidang arsitektur dalam kondisi keterbatasan teknologi namun masih bisa membangun sebuah Rumah Betang dalam kodisi serba terbatas nilai yang sangat berharga usur kebudayaan yang di wariskan untuk generasi penerus. Supaya bangunan tersebut agar secepatnya di daftar kan sebagai situs budaya agar terdaftar di kementrian museum dan purba kala yang surat keputusan tetap.

Dianggap perlu di tetapkan juru rawat dan juru kunci khusus, mengharap agar dinas terkait di Kabupaten Kapuas atau Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah bisa turun langsung ke lapangan melihat kondisi Betang Tumbang Bokoi sekarang yang serba minim fasilitas MCK, Tandon Air Bersih dan juga sarana listrik penerangan yang mnjadi sarana pendukung pada malam hari di sebuah tempat wisata, hal ini supaya bisa, mnjadi bahan utnuk acuan apa saja yang layak di usulkan.

Serta mengusul rehap permanen dan pembuat pagar pengaman serta penataan lokasi sekitar agar lebih menarik supaya dapat mengusul dana rutin pemeliharaan Ke pada Bapak Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT. Atau Kepada Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran, atau pun dinas terkait guna terpelihara dengan baik, serta bernilai tinggi menarik wisata datang ke desa Tumbang Bokoi, kecamatan mandau talawang Kabupaten Kapuas provinsi kalimantan Tengah.

Sumber : Kristian Stevanus,S.Sos  Budayawan Muda Dayak Ngaju Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *