Babinsa 01/Sungai Mas Olah Tanah Persawahan Bersama Masyarakat

oleh -305 views

kaltengexpres.com | Aceh Barat – Bagi seorang Babinsa mendapatkan ilmu pengetahuan bukanlah hanya di sekolah atau pun tempat dimana kita menimba ilmu, namun ilmu pengetahuan juga bisa di dapat dari orang lain dalam kehidupan kita sehari hari. hal tersebut yang selalu di lakukan sertu Zulpan selaku seorang Babinsa Koramil 01/Sungai Mas Kodim 0105/Abar kepada desa binaannya yaitu Desa Gaseu Kec. Sungai Mas Kab. Aceh barat. Selasa (2/4/19)

Selain memberikan pengetahuan dan pengalaman yang beliau miliki, Sertu Zulpan juga tidak merasa malu untuk belajar ilmu pengetahuan kepada warga desa binaannya. Beliau mengatakan sebagai manusia biasa yang dimana juga pasti memiliki kekurangan kita juga harus mengisi kekurangan kita dari pengalaman orang lain sehingga kita dapat bisa saling mengisi kekurangan tersebut dengan cara berbagi pengalaman kepada orang lain.

Dalam bidang pertanian Sertu Zulpan mencoba belajar cara mengolah lahan pertanian yang baik dan benar dari warga desa binaannya yaitu saudara Ahmad 47 tahun warga Desa Gaseu Kec. Sungai Mas yang dimana saudara Ahmad sudah lama berprofesi sebagai petani. Dalam mengolah sawahnya saudara Ahmad menggunakan mesin Hend Tractor dikarenakan tanah persawahan yang beliau miliki kurang cukup mendapat pengairan sehingga membuat tanah tersebut mengeras dan sulit untuk di olah secara manual.

Dalam mengatasi hal tersebut saudara Ahmad mengatakan kepada Sertu Zulpan ” cara mengolah tanah yang keras kita tidak bisa menggunakan cara manual pak harus menggunakan mesin. Jika harus tetap menggunakan cara manual dengan menggunakan cangkul dalam mengolah tanah, akan membutuhkan waktu lama dan kurang maksimal hasilnya. Untuk lahan tanah yang baru dibuka kita tidak perlu menggunakan banyak pupuk pak karena tanah tersebut masih tergolong baik karena sudah mendapatkan pupuk sendiri dari tanaman atau kayu yang membusuk sehingga menjadi pupuk organik bagi tanah itu sendiri” ujar saudara Ahmad.
Guna mendapatkan pembelajaran yang lebih banyak dari saudara Ahmad dibidang pertanian dan sambil memegang Hend traktor Sertu Zulpan terus bertanya ” lalu bagai mana cara bapak mendapatkan pasokan air yang cukup agar memenuhi kapasitas air untuk sawah bapak?” tanya Sertu Zulpan kepada saudara Ahmad.

Saya mengandalkan air hujan yang dimana bisa saya bendung dari saluran irigasi buatan yang saya gali sendiri didekat sawah saya kemudian apa bila sudah terisi, bendungan tersebut saya buka kemudian saya aliri air tersebut ke persawahan dan mulai saya lakukan pembajakan tahap kedua menggunakan Hendtraktor guna meratakan tanah yang belum merata untuk dapat di mulainya penanaman”. Jawab saudara Ahmad kepada Sertu Zulpan.

Menanggapi jawaban dari saudara ahmad, Sertu Zulpan pun berkata kepada saudara Ahamd ” saya mengucapkan terimakasih pak atas pembagian pengalamannya dibidang pertanian. Pertanyaan yang saya ajukan kepada bapak semata-mata hanya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan di bidang pertanian. Pembelajaran dan pengalaman yang bapak berikan hari ini semoga dapat saya pergunakan di kemudian hari dikala saya sudah tidak menjadi anggota TNI lagi ( pensiun )” ujar sertu julpan kepada saudara Ahmad warga desa binaannya

[Red/Tim]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *